Jumat, 02 Des 2022
  • Ahlan wa sahlan di official website MTs Al Ma`had An Nur Bantul | Berprestasi, Berilmu, Berkepribadian Qur’ani, Unggul, dan Mandiri (PRESIDIUM)

WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MTS AL MA’HAD AN-NUR

Bantul – MTs Al-Ma’had An-Nur menyelenggarakan workshop dengan tema Peningkatan Kompetensi Guru yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yaitu pada hari Rabu – Kamis (23-24  Juni 2021).  Kegiatan workshop dimulai pukul 07.30 sampai pukul 11.30 WIB yang dilaksanakan di ruang pertemuan MTs Al Ma’had An-Nur. Kegiatan ini diikuti oleh guru dan karyawan MTs Al-Ma’had An-Nur Bantul sebanyak 70 orang sebagai peserta workshop dalam rangka mempersiapkan pembelajaran pada tahun ajaran 2021/2022. Materi yang disampaikan dalam workshop antara lain kebijakan tatakelola pembelajaran, strategi pembelajaran, dan teori penyusunan KTSP.

Kegiatan workshop  dilaksanakan dengan mengutamakan protokol kesehatan covid-19, meliputi menjaga jarak, memakai masker, dan menjaga kebersihan serta perangkat yang digunakan demi kesehatan, keamanan, dan kenyamanan bersama selama pelaksanaan workshop berlangsung. Peserta workshop pun mengikuti kegiatan dengan semangat dan antusias dalam memerhatikan materi yang disampaikan oleh narasumber. Kegiatan workshop menghadirkan dua narasumber, hari pertama (Rabu, 23 Juni 2021) dengan pembicara diantaranya Dra. Hj. Ening Yuni Soleh A., MA. (Pengawas MTs Al Ma’had An-Nur) dan Retno Yuli Astuti, M.Pd. (Kasi Kurikulum Bidang SMP Dinas Dikpora Bantul) sedangkan pada hari kedua (Kamis, 24 Juni 2021) menghadirkan satu narasumber yaitu Retno Yuli Astuti, M.Pd. (Kasi Kurikulum Bidang SMP Dinas Dikpora Bantul).

Kegiatan workshop hari pertama, dibuka oleh Kepala Madrasah, Bapak Abdul Kirom, S.Th.I, M. Hum. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini diselenggarakan dalam rangka memberi bekal khususnya bagi para guru dalam mengelola pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran, menyusun bahan ajar dan rencana pembelajaran, serta meningkatkan kinerja guru sekaligus menyambut tahun ajaran baru 2021/2022. Melalui kegiatan workshop ini diharapkan guru memahami kompetensi yang dapat menunjang kinerja untuk menjadi guru yang hebat, diantaranya, kompetensi pengetahuan, sikap, profesional, dan sosial. Sebagai pengingat, beliau juga menyampaikan bahwa tidak ada anak yang bodoh, hanya tidak adanya kesempatan untuk anak belajar dengan guru yang baik dan memiliki metode belajar yang baik.

Dalam workshop yang disampaikan oleh Dra. Hj. Ening Yuni Soleh A., MA.  sebagai pengawas MTs Al Ma’had An-Nur menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi serta kinerja guru dalam melaksanakan tugas, mengembangkan metode, strategi, dan inovasi dalam pembelajaran, mengutamakan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, serta kemampuan guru untuk meningkatkan dan mewujudkan generasi yang berprestasi. Selain itu, terkait masalah pandemi covid yang masih menjadi kendala, termasuk dalam pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar, beliau menyampaikan untuk tetap menaati protokol kesehatan covid-19 dan memberikan pelayanan optimal kepada peserta didik, terlebih untuk mewujudkan Generasi Emas. Adanya kesempatan emas yang dimiliki oleh peserta didik MTs Al Ma’had An-Nur, diharapkan keikutsertaan dan keterlibatan berbagai pihak.

Sementara workshop yang disampaikan oleh Retno Yuli Astuti, M.Pd. (Kasi Kurikulum Bidang SMP Dinas Dikpora Bantul), menyampaikan bahwa dengan adanya workshop ini diharapkan guru MTs Al Ma’had An-Nur mampu mengembangkan dan meningkatkan dalam penyusunan kurikulum yang ditetapkan. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan, dengan harapan proses pembelajaran selanjutnya dapat mengalami perkembangan dan peningkatan. Adanya penyusunan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang baik dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan kegiatan belajar guna mencapai dan mewujudkan visi misi MTs Al Ma’had An-Nur.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR