Kamis, 01 Des 2022
  • Ahlan wa sahlan di official website MTs Al Ma`had An Nur Bantul | Berprestasi, Berilmu, Berkepribadian Qur’ani, Unggul, dan Mandiri (PRESIDIUM)

Sejarah Berdiri

Latar belakang berdirinya Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ma’had An-Nur berawal dari semakin pesat nya minat masyarakat untuk menitipkan putra-putrinya di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta. Sehingga sebagian santri ada yang mondok sambil sekolah di MTs/SMP yang ada di sekitar wilayah Bantul.

Oleh sebab itu, pada awal tahun 1994, Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur, KH.Nawawi Abdul Aziz, menginisiasi untuk mewadahi santri yang ingin mondok sambil sekolah dengan mendirikan MTs Al-Ma’had An-Nur. Berdasarkan pada izin operasional yang dikeluarkan melalui SK Kepala Kakanwil Departemen Agama Propinsi DIY nomor: 24 /KTPS /1994, tanggal 21 April 1994 tentang Persetujuan Pembukaan Madrasah Tsanawiyah Al Ma’had An-Nur Bantul Yogyakarta.

Pada tahun 1994 inilah MTs Al-Ma’had An-Nur Bantul berdiri di bawah naungan Yayasan Al Ma’had An Nur. MTs bertempat di komplek Pondok Pesantren An Nur, Ngrukem, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Dalam menjalankan tugas akademiknya, MTs sebagai lembaga pendidikan yang setingkat dengan SMP dengan berciri khas Islam (pesantren) mempunyai tujuan membekali siswa dengan pengetahuan umum dan pengetahuan agama Islam (pesantren) serta mendidik mereka menjadi manusia yang beriman, berilmu, dan beramal saleh. Siswa MTs Al-Ma’had An-Nur selain menyandang sebagai siswa juga sebagai santri “ Santri-Siswa, Siswa-santri”.

Pada awal berdirinya MTs Al-Ma’had An-Nur Bantul, Tahun Pelajaran 1994/1995 dipimipin oleh KH. Yasin Nawawi sampai Tahun Ajaran 1995/1996. Sejak awal selalu meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga berangsur-angsur MTs semakin dikenal orang dengan semakin bertambahnya siswa-siswi yang masuk MTs dari tahun ke tahun. Tahun Pelajaran 1996/1997 MTs mendapat bantuan Kepala Madrasah dari Departemen Agama yaitu Drs. Zainuri untuk menggantikan Kepala Madrasah yang lama.

Akreditasi sebagai tolak ukur penyelenggaran pendidikan di MTs Al Ma’had An Nur dilakukan tahun 1997 setelah Madrasah mengikuti EBTA/EBTANAS angkatan I, jejang akreditasi dengan status terdaftar.

Pada Tahun Pelajaran 1998/1999, Madrasah kembali melakukan Akreditasi dan mendapatkan Piagam jenjang Akreditasi atau status disamakan sampai sekarang. Sebagai upaya pengembangan kurikulum yang harus dikembangkan di Madrasah, khususnya kurikulum Kepesantrenan, maka usulan dan saran Yayasan Al Ma’had An Nur agar MTs dan MA dalam hal pengelolaan manajemen dan kurikulum Kepesantrenan di Madrasah harus dibuat sistem terpadu menjadi Madrasah Terpadu 6 tahun (MTs – MA) Al Ma’had An Nur. Sejak itulah Kepala Madrasah terpadu 6 tahun (MTs – MA) Al Ma’had An Nur yang pertama dipercayakan kepada Bapak Zainal Abidin, S.Ag sekaligus menggantikan Bapak Drs. Zainuri yang memasuki masa purna tugas PNS.

Periode kedua dari Madrasah terpadu 6 tahun Al Ma’had An Nur pada tanggal 19 Februari 2001 di serahterimakan jabatan Kepala Madrasah dari Bapak Zainal Abidin, S.Ag kepada Bapak Moch. Machfudz sampai tahun 2008. Sejak 1 Desember 2008 Jabatan Kepala Madrasah diserahkan kepada Bapak KH. Muslim Nawawi sampai 31 Desember 2009. Mulai 1 Januari 2010, Kepala Madrasah dijabat oleh Bapak Drs. H. Budirejo, MA sampai dengan 30 Januari 2011.

Selanjutnya sejak tanggal 31 Januari 2011, jabatan Kepala MTs Al Ma’had An Nur Bantul dipegang oleh Bapak Drs. Subakir, MSI. Sesuai dengan SK Kepala Kanwil Kemenag Provinsi D I Yogyakarta atas nama Menteri Agama RI. Nomor: KW. 12.1/2/76/2011, tertanggal 31 Januari 2011, sampai Januari 2020. Kemudian, regenerasi kepemimpinan kepala madrasah di MTs Al Ma’had An-Nur diamanahkan Ketua Yayasan kepada Bapak Abdul Kirom, S.Th.I,M.Hum mulai tanggal Januari 2020 sampai sekarang.

KELUAR