Senin, 28 Nov 2022
  • Ahlan wa sahlan di official website MTs Al Ma`had An Nur Bantul | Berprestasi, Berilmu, Berkepribadian Qur’ani, Unggul, dan Mandiri (PRESIDIUM)

Pembinaan Siswa Kelas IX oleh KH. Muslim Nawawi

Pembinaan Siswa Kelas IX MTs Al Ma’had An Nur oleh KH. Muslim Nawawi

pembinaan siswa siswi kelas ix Mts Al Ma'had An Nur

Bantul –Rabu, 26 Januari 2022, siswa-siswi kelas IX MTs Al-Ma’had An-Nur mengikuti pembinaan dan pengarahan dari pengasuh K.H. Muslim Nawawi. Kelas IX MTs Al-Ma’had An-Nur yang mengikuti kegiatan tersebut lebih kurang berjumlah 247 siswa, baik putra maupun putri. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium IIQ An-Nur pada pukul 08.00 WIB sampai acara selesai. Tidak hanya diikuti oleh pengasuh dan siswa, pembinaan dan pengarahan juga diikuti oleh kepala madrasah dan  beberapa guru wali kelas MTs Al-Ma’had An-Nur.

Adanya kegiatan pembinaan siswa ini, berkaitan pada kegiatan belajar mengajar siswa di kelas. Guru yang sedang mengampu di kelas IX pun meluangkan jam mengajarnya, sehingga siswa diizinkan untuk tidak mengikuti pembelajaran pada waktu yang telah ditentukan. Adapun kegiatan tersebut tidak menjadikan guru untuk meninggalkan sekolah, sebelum selesai kegiatan belajar mengajar pada waktu  seperti biasanya.

Sehubungan dengan hasil rapat Pengelola MTs Al-Ma’had An-nur, pada Senin, 17 Januari 2022. Pelaksanaan Pembinaan dan pengarahan tersebut bertujuan mempersiapkan siswa-siswi dalam menghadapi kelulusan Madrasah Tsanawiyah di MTs Al-Ma’had An-Nur. Adapun beberapa Kriteria Kelulusan Madrasah di MTs Al-Ma’had An-Nur, yaitu, pertama, menempuh Ujian Akhir Madrasah dari Kementerian Agama. Kedua, memiliki sikap, minimal berpredikat baik. Ketiga, menempuh Ujian Akhir Madrasah bidang kepesantrenan.

Ujian Bidang Kepesantrenan

Ujian bidang kepesantrenan memiliki tiga jenis ujian. Tiga ujian tersebut di antaranya, pertama, ujian tahfidz. Dalam ujian tahfidz terdapat dua materi hafalan, dengan rincian materi hafalan al-quran dan hafalan imrithy. Hafalan al-quran, mengacu pada standar juz 1-5 melalui teknis tes sambung ayat yang berjumlah sepuluh soal dengan durasi waktu sepuluh menit. Sedangkan, hafalan imrithy, mengacu pada standar awal sampai akhir atau khatam melalui teknis tes sambung nadzom yang berjumlah sepuluh soal dengan durasi waktu sepuluh menit.

Kedua, ujian tahsin. Ujian tahsin memiliki materi yang sudah ada ket, yaitu, sifat, makharijul huruf, dan kaidah tajwid. Ketiga, ujian dzikir dan doa. Ujian dzikir dan doa memiliki beberapa materi yaitu, asmaul husna, tahsin, rangkaian bacaan tahlil, dzikir ba’dha shalat maktubah, kaifiyah dan doa shalat jenazah, bacaan bilal untuk putra, dan fiqh wanita untuk putri.

Adapun agenda pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah terbagi menjadi tiga. Pertama, Ujian Akhir Madrasah pada tanggal 21 sampai 30 Maret 2022. Kedua, ujian tahsin, dzikir, dan doa pada tanggal 9 dan 10 Maret 2022. Ketiga, Ujian Tahfidz dan Kitab pada tanggal 14 Maret 2022.

Oleh karena itu, sehubungan dengan pembinaan dan pengarahan dari Dewan Pengasuh, pengelola serta guru madrasah mengharapkan dengan adanya kegiatan tersebut menjadikan  motivasi siswa kembali membara, sehingga siswa lebih semangat dan giat dalam mengikuti kegiatan di madrasah maupun di kompleks pondok pesantren.

26 Januari 2022 | Giva Mey Lovia Safitri, S.Pd.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR