Selasa, 29 Nov 2022
  • Ahlan wa sahlan di official website MTs Al Ma`had An Nur Bantul | Berprestasi, Berilmu, Berkepribadian Qur’ani, Unggul, dan Mandiri (PRESIDIUM)

Sosok Guru Inspiratif

Sosok lain menjadi inspirasi penulis selama nyantri di Yayasan Al-Ma’had An-Nur adalah Ibu Binar Susanti. Sosok yang telah memiliki cucu dan menjadi seorang nenek tersebut memiliki kepriba- dian yang ceria dan lemah lembut, namun dikenal tegas dan ceplas-ceplos saat rapat rutinan guru. Bahkan, beliau berani mengkritik guru yang dinilai tidak disiplin dan tidak tertib. “Bapak/Ibu guru yang jarang  hadir ke madrasah  selama jadwal pembelajaran daring, dimohon pertemuan selanjutnya untuk selalu hadir di madra- sah sesuai jadwal yang telah ditentukan” tegas  Ibu  Binar  kepada  seluruh  dewan guru yang hadir pada rapat rutinan. Sebagai Wakil kepala (Waka) Kurikulum dan guru senior yang telah mengajar  kurang lebih selama 25 tahun, memang sudah se- layaknya beliau berani mengambil sikap seperti  itu demi menanamkan  kedispli- nan kepada  seluruh  guru  dan berupaya menciptakan lingkungan madrasah yang hebat dan bermartabat.  Jasa yang begitu besar  dan pengabdiannya  yang tidak  sebentar kepada madrasah, tentunya harus diberikan apresiasi yang setinggi-tingginya pula.
Sosok terakhir yang membuat penulis terkagum terhadap pengabdiannya adalah Bapak Abdul Kirom. Sosok yang berasal dari Kalimantan dan sebentar lagi hendak mengakhiri masa lajangnya tersebut me- rupakan pribadi yang amat disiplin, rajin, tekun, ikhlas dan bersemangat dalam menjalankan segala amanah. Hal itu di- buktikan dengan dedikasi dan kesetiaan- nya  di  Yayasan  Al-Ma’had  An-Nur yang hampir mencapai 20 tahun, terhitung mulai  kelulusannya  dari  MA  Al-Ma’had An-Nur.
Berkat  dedikasi dan kesetiaannya kepada yayasan dalam waktu yang tidak sebentar, ia akhirnya dilantik menjadi kepala madrasah MTs Al-Ma’had An-Nur. Hingga saat ini, beliau mampu menjalan- kan tugas dan amanah besar tersebut dengan baik. Sekilas pandangan penulis, bahkan beliau mampu membuat terobo- san atau dobrakan baru yang belum ada sebelumnya, seperti pembuatan wadah majalah  atau  komunitas  tulis  menulis bagi guru, pembuatan ruang baca guru, dan lain sebagainya. Selain itu, informasi yang telah tersebar, belum genap setahun menjabat sebagai kepala madrasah, be- liau masuk dalam kategori  lima  kepala sekolah terbaik dalam acara diklat kepa- la sekolah se-kabupaten Bantul. Sebuah dedikasi yang amat dalam kepada madra- sah yang akhirnya mengantarkan beliau memperoleh prestasi gemilang yang patut diberikan apresiasi yang setinggi- tingginya pula.
Sebenarnya masih banyak profil guru hebat dan berdedikasi tinggi ke madrasah yang hendak penulis hidangkan  di sini, namun karena keterbatasan ruang dan waktu, penulis akan melanjutkan tulisan tersebut pada edisi yang akan datang. Demikian sekilas profil guru yang dapat penulis hidangkan, semoga tulisan yang  jauh  dari  kata  layak  dan sempurna  ini sedikit dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi pembaca

(Iqbal Maulana)

DIAH AGUSTINA

Tulisan Lainnya

Oleh : DIAH AGUSTINA

OBSESI WAKTU

0 Komentar

KELUAR